, ,

Niat, Bacaan Doa Sholat, Tata Cara, Waktu Terbaik, Sholat Taubat Zina

oleh -2854 Dilihat

Storinews.com – Bagi pelaku zina sangat dianjurkan untuk melaksanakan sholat taubat nasuha. Dan setelahnya, ada doa sholat taubat nasuha zina yang bisa diamalkan. Doa sholat taubat nasuha zina ini sekaligus menjadi pelengkap dalam usaha kita untuk bertaubat.

Allah Ta’ala sendiri adalah Maha Pengampun, pintu taubat terus terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin memohon ampunan dan bertaubat, termasuk bagi pelaku zina. Anas bin Malik menceritakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah Ta’ala berfirman,

Wahai anak Adam, sesungguhnya jika engkau menyeru dan mengharap pada-Ku, maka pasti Aku ampuni dosa-dosamu tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya dosamu membumbung tinggi hingga ke langit, tentu akan Aku ampuni, tanpa Aku pedulikan. Wahai anak Adam, seandainya seandainya engkau mendatangi-Ku dengan dosa sepenuh bumi dalam keadaan tidak berbuat syirik sedikit pun pada-Ku, tentu Aku akan mendatangi-Mu dengan ampunan sepenuh bumi pula.” (HR. Tirmidzi).

Baca Juga : Doa Tolak Bala Di jauhkan dari Musibah dan Kejahatan

Berikut Storinews.com merangkum ulasan lengkap mengenai bacaan niat, tata cara, waktu terbaik dan doa sholat taubat zina.

Niat Sholat Taubat Zina

Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

Doa Sholat Taubat Zina

Usai mengerjakan sholat taubat, tetaplah duduk di atas sajadahmu dan membaca dzikir serta doa sholat taubat. Perbanyaklah membaca istighfar sebanyak 100 kali.

“Astaghfirullahal ladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuumu wa atuubu ilaihi”

Artinya: “Aku meminta pengampunan kepada Allah yang tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Berdiri Sendiri dan aku bertaubat kepadanya.”

Setelah itu lanjutkan dengan membaca doa di bawah ini.

“Allahumma anta robbii laa ilaaha illaa anta, kholaqtanii wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu. a’udzu bika min syarri maa shona’tu, abuu-u laka bini’matika ‘alayya, wa abuu-u bi dzanbii, faghfirlii fainnahuua laa yaghfirudz dzunuuba illa anta”

Artinya: “Ya Allah Engkau adalah Tuhanku. Tidak ada sesembahan yang hak kecuali Engkau. Engkau yang menciptakanku, sedang aku adalah hambamu dan aku di atas ikatan janjimu dan akan menjalankannya dengan semampuku. Aku berlindung kepadamu dari segala kejahatan yang telah aku perbuat, aku mengakuimu atas nikmatmu terhadap diriku dan aku mengakui dosaku padamu, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tiada yang mengampuni segala dosa kecuali Engkau.

Tata Cara Sholat Taubat Zina

  1. Membaca niat
  2. Takbiratul ihram
  3. Membaca doa iftitah
  4. Surat Al Fatihah dilanjutkan dengan surat pendek
  5. Rukuk
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Duduk di antara dua sujud
    Sujud kedua
  9. Bangkit dari sujud dan mengulang gerakan sholat yang sama dari poin 4 hingga 9
  10. Tahiyat akhir kemudian dilanjutkan dengan salam

Waktu Terbaik Sholat Taubat Zina

Pada dasarnya sholat taubat ini dapat dikerjakan kapan saja. Meski demikian, ada beberapa waktu-waktu terbaik yang bisa dipilih untuk mengerjakan sholat taubat.

Umat Muslim yang hendak mengerjakan sholat taubat diutamakan mengerjakan di waktu malam hari, terutama sepertiga malam. Waktu ini dipercaya sebagai waktu di mana segala doa yang dipanjatkan disaksikan malaikat.

Perlu diperhatikan juga ada beberapa waktu yang diharamkan untuk mengerjakan sholat taubat zina, antara lain:

  • Terbit fajar hingga terbit matahari
  • Terbit matahari hingga naik sepenggalah
  • Matahari berada di tengah-tengah hingga mulai condong
  • Usai waktu sholat Ashar hingga matahari tenggelam
  • Menjelang matahari tenggelam hingga matahari tenggelam sempurna

Niat Sholat Taubat Zina

Ushalli Sunnatat Taubata Rak’ataini Lillahi Ta’ala

Artinya: Saya niat shalat sunnah taubat dua rakaat karena Allah.

Berikut Itulah penjelasan lengkap mengenai sholat taubat zina mulai dari bacaan niat, tata cara, waktu terbaik hingga doa sholat taubat yang dibaca setelahnya. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.