, ,

Setiap 12 Oktober Diperingati Sejarah Hari Museum Nasional

oleh -3180 Dilihat

Storinews – Hari Museum Nasional Diperingati Setiap 12 Oktober. Keberadaan museum bagi bangsa Indonesia sangatlah penting, terutama dalam upaya pelestarian dan pemajuan kebudayaan. Lantas bagaimana sejarah Hari Museum Nasional.

Untuk diketahui, museum tak sekadar menjadi tempat koleksi barang antik. Dilansir dari laman Kemdikbud, Museum juga mengola bukti material hasil budaya dan/atau material alam dan lingkungannya yang mempunyainilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, kebudayaan, teknologi, dan/atau pariwisata.

Baca Juga : Perkosa Putrinya Sendiri, Seorang Ayah Di Kota Ambon dituntut 15 Tahun Penjara

Museum merupakan rumah peradaban, tempat tumbuh dan berkembangnya kemampuan berpikir serta kreativitas masyarakat. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencatat pada 2019 jumlah museum di Indonesia ada sebanyak 439 museum.

Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2015 tentang Museum, museum merupakan suatu lembaga yang berfungsi melindungi, mengembangkan, memanfaatkan koleksi, dan mengkomunikasikannya kepada masyarakat.

Seperti dikutip dari laman Kemendikbud, definisi museum berdasarkan konferensi umum International Council Of Museums (ICOM) yang ke-22 di Wina, Austria, pada tanggal 24 Agustus 2007, menyebutkan bahwa museum adalah lembaga yang bersifat tetap, tidak mencari keuntungan, melayani masyarakat dan perkembangannya, terbuka untuk umum, yang mengumpulkan, merawat, meneliti, mengomunikasikan, serta memamerkan warisan budaya dan lingkungannya yang bersifat kebendaan dan tak benda untuk tujuan pengkajian, pendidikan, dan kesenangan.

Pada Musyawarah Museum se-Indonesia (MMI) yang digelar pertama kali di Yogyakarta pada tanggal 12-14 Oktober 1962, menghasilkan 10 resolusi penting bagi permuseuman. Penetapan tanggal itu berdasarkan pertemuan MMI di Kota Malang, Jawa Timur pada tanggal 26-28 Mei 2015. Pertemuan yang dihadiri sebanyak 250 pengelola museum di Indonesia itu, menghasilkan selain menetapkan hari museum juga membahas isu-isu dan paradigma baru dalam dunia permuseuman untuk kemajuan museum.

Dengan diperingatinya Hari Museum Nasional 2018, maka diharapkan kepada insan pengelola museum senantiasa memberikan pelayanan terbaik dan inovasi bagi kemajuan museum yang dikelola. Museum juga diharapkan mampu menampilkan koleksi terbaiknya untuk menarik pengunjung datang ke museum.

Sebagai tambahan informasi, museum mengelola bukti material hasil budaya dan material alam serta lingkungannya yang mempunyai nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, kebudayaan, teknologi, dan atau pariwisata untuk dikomunikasikan dan dipamerkan kepada masyarakat melalui pameran permanen, temporer, dan keliling.

Pada umumnya, museum juga menawarkan program dan kegiatan yang menjangkau seluruh pengunjung, termasuk orang dewasa, anak-anak, seluruh keluarga, dan tingkat profesi lainnya. Program untuk umum terdiri dari perkuliahan atau pelatihan dengan staf pengajar, orang-orang yang ahli, dengan film, musik atau pertunjukkan tarian, hingga demonstrasi dengan teknologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.