,

Cek Bagian untuk Mengetahui Tanda Mobil Bekas Tabrakan

oleh -3270 Dilihat

Storinews.com – Biasanya mobil bekas tabrakan memiliki ciri yang bisa dilihat. Hal ini sangat penting diketahui oleh Pembeli yang ingin membeli mobil bekas.

Apa ya alasannya? Mobil bekas yang dijual di pasaran terkadang tidak mengandung informasi yang jujur mengenai kondisi mobil tersebut.

Membeli mobil bekas jadi salah satu alternatif bagi konsumen yang ingin memiliki kendaraan pribadi. Namun tidak seperti produk baru, dalam mendapatkan produk second hand atau sudah pernah digunakan pemilik sebelumnya ini perlu ketelitian lebih.

Tanpa bermaksud menakut-nakuti, masih ada pedagang nakal yang menjual mobil dalam harga murah. Setelah ditelaah kembali, ternyata kendaraan ini sudah pernah mengalami kecelakaan.

Dengan demikian, perlu dicatat bahwa sebelum membeli mobil bekas dibutuhkan ketelitian ekstra. Terlebih bagi calon konsumen yang belum pernah memiliki mobil, dan tidak mengerti teknis.

Service Head Auto2000 Pasar Kemis, Antonius Irwan menjelaskan, mobil bekas kecelakaan secara kasat mata memang tidak memiliki perbedaan ketika sudah diperbaiki. Namun ia menyarankan untuk mengecek bagian dalam mobil.

Baca Juga : Penampakan Puluhan Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5 di DPR RI, Untuk Siapa?

“Ada bagian-bagian yang orang awam tidak bisa lihat. Paling gampang lihat titik-titik pengelasan, karena panel kendaraan itu digabungkan dengan cara dilas,” ujar Antonius Irwan, baru-baru ini.

Menurutnya teknik, dan bahan pengelasan yang dilakukan pabrikan berbeda dengan las pada umumnya, dan disebut las titik. Jadi akan terlihat lingkaran bulat rapi pada setiap sambungan, baik itu sasis, dan panel bodi.

“Kalau di luaran bentuk pengelasan rata, cara gampangnya lihat sambungan pelat mobil atau membuka bagian karet-karet seperti di pintu,” terangnya.

Agar lebih yakin, terakhir Irwan menyarankan untuk melakukan spooring.

“Saat spooring akan terlihat jelas karena biasanya roda kanan, dan kiri sudah diluruskan, karena struktur sasisnya sudah berubah meski sudah diperbaiki namun tidak bisa sempurna,” tutup Antonius Irwan.

Ciri Mobil Bekas Tabrakan

Celah Nat Tidak Rata

Ciri mobil bekas tabrakan yang pertama adalah celah nat yang biasanya tidak rata pada mobil. Celah yang dimaksud terdiri dari bagian nat kap mesin, bumper depan atau belakang, nat pintu, dan bagasi.

Perhatikan celah-celah nat pada bagian tersebut. Umumnya mobil yang pernah mengalami tabrakan tidak akan bisa presisi di bagian celah ini.

Cara melihatnya adalah memperhatikan celah-celah di sisi kiri-kanan dan atas bawah bagian tersebut. Misalnya untuk kap mesin usahakan celah kiri dan kanan masih sama rapatnya.

Jika di sisi kiri terlihat lebih sempit atau lebih besar celahnya, Anda wajib curiga. Coba tanyakan kepada penjual mobil apakah mobil tersebut pernah menabrak atau tidak.

Pada bagian pintu dan bagasi biasanya celah ini akan terlihat dengan mudah. Caranya lihat bagian pintu dan bagasi tersebut dalam kondisi tertutup.

Jika celahnya terlihat besar di salah satu sisi, bisa dipastikan bagian tersebut pernah diperbaiki. Ada kemungkinan juga kalau pintu dan bagasi ini pernah mengalami kerusakan.

Lihat juga di balik kap mesin. Mobil yang belum pernah mengalami kecelakaan bagian dalam kap mesinnya tentu besinya masih lurus dan presisi.

Warna Cat Belang

Jika sedang mengecek mobil bekas, sebaiknya buka kap mesin dan periksa area tersebut. Jika di area tersebut terdapat area cat dengan warna belang atau berbeda sebaiknya Carmudian wajib curiga.

Umumnya hasil cat pabrikan tidak akan berbeda warna. Jika belang, ada kemungkinan mobil tersebut pernah menabrak.

(Foto: Wuling)

Area yang kami maksud adalah tulangan atau fender bagian dalam yang sewarna bodi. Bagian ini umumnya memiliki warna yang kecoklatan akibat kotor pemakaian.

Jika warna area ruang mesin terlihat baru, ini bisa menjadi salah satu ciri mobil bekas tabrakan. Selain area mesin, warna yang belang ini juga bisa dilihat di beberapa titik lainnya seperti pintu, bagasi, dan dek bagian bawah.

Warna baut yang tertutup cat senada bodi juga bisa jadi indikasi lain, lho. Seharusnya baut-baut bodi di area ruang mesin memiliki warna yang berbeda. 

Jika ada beberapa baut yang tertutup cat senada bodi, bisa jadi bagian tersebut sudah pernah diperbaiki. Daripada berprasangka buruk, lebih baik tanyakan langsung kepada penjualnya ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.