, ,

Meminum Kopi Juga Ada Caranya Supaya Kesehatan Terjaga!

oleh -2141 Dilihat

Storinews.com – Terbuat dari biji berwarna hitam dan pahit yang diolah menjadi minuman kopi. Dimasa sekarang kopi menjadi pilihan minuman yang banyak disukai, terutama anak muda. Walaupun rasanya pahit, kopi ternyata mengandung antioksidan yang tinggi sehingga dapat membantu jaga kesehatan tubuh.

Kopi memang enak untuk dinikmati dikala senggang. Tidak heran apabila kita cukup sering menjumpai orang-orang meminum kopi, bahkan malam hari sekalipun. Selain antioksidan, kafein pada kopi pun tidak kalah tinggi. Karena itu, bolehkah kopi dinikmati saat malam hari? Mengingat malam hari adalah saatnya tubuh dan anggota tubuh lainnya istirahat.

Meminum kopi ternyata ada ‘aturan’-nya. Mengapa? Karena dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Selain itu, ‘aturan’ minum kopi juga tidak boleh disepelekan agar tubuh tetap aman.

Ada beberapa ‘aturan’ minum kopi agar tubuh aman dan kesehatan terjaga, diantaranya :

1. Kayu manis

Dalam jurnal Pharmacotherapy, penelitian membuktikan kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah pada penyandang diabetes tipe dua dan menstabilkan kadar gula darah didalam tubuh.

2. Kurangi gula

Menambahkan gula sebagai pemanis untuk kopi yang akan diminum biasa dilakukan untuk mereka yang tidak kuat dengan rasa pahit kopi. Namun ternyata cara tersebut salah karena dapat menimbulkan resiko diabetes.

Sebagai gantinya mungkin bisa tambahkan pengganti pemanis alami, contohnya madu, gula kelapa, atau gula rendah lemak.

Atau bisa juga dengan membuat kopi tersebut seencer mungkin agar lambung tidak ‘kaget’ ketika kopi masuk ke tubuh.

3. Krimer alami

Krimer akan membantu memeri rasa gurih pada minuman kopi sekaligus memberikan tambahan nutrisi meskipun tidak banyak, karena krimer terbuat dari kandungan susu sapi.

Perlu diingat, gunakanlah krimer yang alami, jangan krimer sintesis. Krimer sintesis akan mengganggu kesehatan tubuh karena kandungan pengawet di dalamnya.

4. Kayu manis

Dalam jurnal Pharmacotherapy, penelitian membuktikan kayu manis dapat menurunkan kadar gula darah pada penyandang diabetes tipe dua dan menstabilkan kadar gula darah didalam tubuh.

5. Serbuk kakao

Kopi dipercaya mampu untuk membantu meningkatkan konsentrasi. Manfaat kopi untuk konsentrasi akan lebih terasa apabila ditambahkan serbuk kakao atau serbuk coklat, terutama yang tidak ada kandungan gula. Karena coklat juga mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh.

Coklat juga dapat meningkatkan kadar gizi dalam kopi lebih besar. Selain itu, serbuk coklat yang ditambahkan akan membuat rasa pahit kopi berkurang dan diterima baik oleh lidah.

6. Kopi organik

Umumnya kopi di pasaran adalah kopi yang terpapar pestisida yang sudah pasti berbahaya bagi kesehatan.

Kopi organik adalah kopi yang berasal dari biji yang ditanam tanpa satupun bahan kimia, sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi. Karena perawatannya lebih baik dari biji kopi bukan organik, biji kopi organik harganya lebih mahal.

Namun biji kopi organik bisa dibeli dalam junlah besar sehingga harganya lebih terjangkau daripada beli eceran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.