,

4 Perilaku Negatif yang Bisa Membuat Kamu Sering Mengeluh

oleh -3276 Dilihat

Storinews.com – Mungkin saja selama ini kamu sering mengeluh. Akan tetapi, bisa saja hal tersebut disebabkan karena perilakumu sendiri. Sebab, perilaku tersebut cukup negatif. Sehingga, pikiran dan hati kamu akan selalu merasa capek. Sehingga, hal ini tentu saja bisa membuat kamu kehilangan motivasi dan selalu ingin menyerah.

Baca Juga : Setelah Centang Biru Twitter Siapkan Label Resmi

Berikut ini 4 perilaku negatif yang bisa membuat kamu sering mengeluh.

1. Melakukan Sesuatu Secara Berlebihan

Dalam melakukan sesuatu apapun, usahakan kamu jangan berlebihan. Sebab, hal tersebut bisa membuat kamu sering mengeluh. Sebab, kamu kurang istirahat. Sehingga, hal ini juga bisa menyiksa diri kamu sendiri. Oleh karena itu, sebanyak apapun sesuatu yang kamu lakukan, jangan lupa untuk beristirahat.

2. Fokus pada Kelebihan Orang Lain

Tentu saja kamu akan sering mengeluh. Sebab, dalam menjalani hidup, kamu selalu fokus pada kelebihan orang lain. Padahal, sebaiknya kamu tidak perlu fokus pada hal tersebut. Sebab, selain bisa membuang waktumu secara sia-sia. Hal tersebut juga akan membuat kamu semakin insecure. Oleh karena itu, berhentilah melakukan perilaku negatif seperti itu. Sebab, kamu juga memiliki kelebihan diri yang perlu kamu tingkatkan.

3. Suka Menyepelekan Diri Sendiri

Ketika kamu tidak bisa melakukan sesuatu, usahakan kamu jangan menyepelekan diri sendiri. Sebab, hal tersebut hanya akan membuat kamu jadi lebih terpuruk. Sehingga, kamu juga akan kesulitan untuk bangkit. Dengan begitu, kamu juga sangat berpotensi untuk menyalahkan diri sendiri secara berlebihan. Sehingga, dalam menjalani aktivitas sehari-hari pun, kamu akan sering mengeluh. Oleh karena itu, agar kamu bisa lebih semangat lagi, berhentilah menyalahkan diri sendiri.

4. Tidak Bisa Sadar Diri

Dalam memiliki harapan, usahakan kamu jangan terlalu berlebihan. Sebab, kamu harus mengukur harapan tersebut dengan potensi yang kamu miliki. Akan tetapi, ketika kamu tidak bisa sadar diri. Maka, kemungkinan besar kamu akan sering mengeluh. Sebab, dalam memiliki harapan kamu tidak logis. Sehingga, harapan tersebut pun akan sulit kamu wujudkan.

Itulah empat perilaku negatif yang bisa membuat kamu sering mengeluh. Oleh karena itu, agar kebiasaan tersebut cepat hilang. Maka, kamu harus berhenti melakukan perilaku negatif di atas.

Menurut ahli kejiwaan, mengeluh merupakan salah satu bentuk “coping mechanism” untuk menghilangkan stres, seperti kecemasan atau rasa takut. Namun, keluhan yang dikeluarkan secara berlebihan bisa menjadi pertanda negatif dari kesehatan mental seseorang. Hal ini karena manusia yang sehat jiwanya cenderung bisa menerima diri sendiri apa adanya, bisa menerima orang lain dan kondisi di sekitarnya apa adanya dan juga bersikap optimis. Sedangkan orang yang sering mengeluh, merasa tertekan, sering protes dan mengalami penurunan fungsi kognitif atau emosi, orang tersebut bisa dicurigai memiliki masalah dengan kejiwaannya.

Selain itu, yang juga menjadi masalah adalah bahwa kebanyakan orang lebih sering mengeluh dibandingkan melakukan pemecahan masalah. Sebagai hasilnya, banyak orang mengeluh untuk melepaskan sesuatu, tetapi tidak menyelesaikan masalah atau membuat perubahan, sehingga membuat keluhan sama sekali tidak efektif. Masalahnya tetap ada, sehingga keluhan pun akan terus berlangsung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.