,

Tips Berbahagia dalam Kondisi Ekonomi yang Seadanya

oleh -2475 Dilihat

Storinews.com – Banyak orang menggunakan patokan mata uang sebagai dasar kebahagiaan mereka. Akibatnya adalah kebahagiaan tersebut semakin sulit untuk dicapai dan diwujudkan. Meskipun hidup butuh uang untuk makan, namun tidak selalu uang dapat memberikan sebuah kebahagiaan.

Nah, daripada mengkhayalkan sesuatu yang tidak kamu miliki. Sebaiknya kamu mulai menerima kondisi dan keadaanmu saat ini lalu mulailah raih kebahagiaanmu sendiri. Berikut 4 tips yang akan membantu untuk lebih mudah merasa bahagia dengan kondisi ekonomi yang seadanya!

1. Bersyukur

Dalam hidup yang seadanya, maka bersyukur menjadi pilihan paling tepat untuk bisa berbahagia dan berdamai dengan keadaan. Meskipun terkadang terasa sangat berat, namun kembali lagi bahwa tugasmu hanyalah berusaha. Selama masih bisa kamu mencukupi kebutuhan makanmu dan keluargamu, maka bersyukurlah.

 2. Berhenti menginginkan hal yang tidak mendesak

Jika terus menerus menuruti keinginan, maka kamu tidak akan pernah merasa bahagia. Karena keinginan manusia itu tidaklah ada habisnya. Jadi, cobalah untuk tidak menginginkan sesuatu yang tidak mendesak seperti pakaian yang sedang mode atau tas branded yang tidak bisa kamu miliki. Sebaliknya, utamakan kebutuhanmu dan keluargamu dan cukuplah untuk merasa tenang saat kebutuhan tersebut telah terpenuhi.

 3. Hindari hutang hanya untuk gengsi

Hutang hanya untuk membeli barang yang tidak mendesak dan tidak kamu gunakan untuk usaha, maka akan merugikanmu. Hidup dengan hutang akan membuat ketenanganmu menghilang yang akhirnya kebahagiaan pun tidak bisa kamu raih. Apalagi jika hutang yang kamu pilih adalah hutang dengan jangka waktu serta bunga, pasti akan semakin susah pula untukmu dengan ekonomi yang seadanya.

 4. Tengoklah orang dengan ekonomi yang lebih rendah darimu

Ingat bahwa bukan hanya kamu saja yang berada dalam ekonomi yang seadanya. Bahkan masih banyak orang dengan ekonomi di bawahmu. Jadi, jangan selalu melihat ke atas. Lihatlah ke bawah, mulailah bersyukur dan berbahagia atas hidup dan nikmat yang kamu miliki saat ini.

Penerimaan diri dan keadaan akan membuat hati menjadi lebih lapang dan kebahagiaan lebih mudah datang. Jadi, berhenti menuruti semua keinginan diri yang tidak penting dan melihat orang lain dengan nikmat yang lebih banyak!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.