,

Biang Kerok Nilai tukar Dolar AS terhadap Rupiah Tembus Rp 15.000

oleh -1199 Dilihat
Biang Kerok Nilai tukar Dolar AS terhadap Rupiah Tembus Rp 15.000

STORINEWS.COM – Biang Kerok Nilai tukar Dolar AS terhadap Rupiah pada penutupan hari ini menguat. Dolar AS dari data RTI tercatat pada level Rp 15.023.

Direktur PT Laba Forexindo Berjangka Ibrahim Assuaibi mengungkapkan mata uang rupiah ditutup melemah 13 poin walaupun sebelumnya sempat melemah 30 poin dilevel Rp 14.997 dari penutupan sebelumnya di level Rp 14.883.

“Sedangkan untuk perdagangan besok, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup melemah di rentang Rp 14.980-15.040,” katanya, Rabu (21/9/2022).

Ekonomi dan Co-Founder & Dewan Pakar Institute of Sosial, Economics and Digital/ISED Ryan Kiryanto menjelaskan pergerakan Dolar AS dipengaruhi oleh tensi geopolitik antara Rusia dan Ukraina yang memanas ditambah perkiraan The Fed menaikan FFR 75-100 bps yang membuat aset dalam Dolar AS akan menguat drastis.

“Jadi yang melepas mata uang non Dolar AS untuk membeli Dolar AS. ini fenomena Super Strong US Dollar,” Ungkapnya.

Biang Kerok Nilai tukar Dolar AS terhadap Rupiah Tembus Rp 15.000

Baca Juga : Sosok Bjorka Masih Dicari, Polri Tak Tutup Kemungkinan Kerja Sama dengan Pihak Luar Negeri

Hampir Semua Mata Uang Asia Loyo

Kepala Departemen Pengelolaan Moneter Bank Indonesia (BI), Edi Susanto menjelaskan memang hampir semua mata uang negara berkembang di Asia melemah, termasuk Rupiah. Menurutnya pemicunya lebih karena antisipasi terhadap keputusan The Fed untuk Fed Fund Rate (FFR) yang akan diputuskan pada Rabu atau Rabu malam waktu Indonesia di mana pelaku pasar memperkirakan The Fed menaikkan cukup agresif yaitu 75 bps.

“Tentu hari ini kami masuk pasar dengan triple intervention-nya untuk memastikan jangan sampai terjadi pelemahan yang liar atau berlebihan,” jelasnya.

Baca Juga : Anggota Dewan Kritisi Brigjen Hendra Naik Jet Pribadi Diduga Milik Mafia Judi

One thought on “Biang Kerok Nilai tukar Dolar AS terhadap Rupiah Tembus Rp 15.000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.